Friday, November 13, 2020

Medibang paint android - Tutorial glow in the dark

Glow in the dark seperti namanya style satu ini merupakan sebutan untuk suatu benda atau apapun yang menyala(cahaya) dalam gelap.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah tutorial menggambar digital paint dengan style glow in the dark menggunakan medibang paint, yah pokoknya fokus gelap terang gitu gambarnya. Berikut merupakan gambar yang telah saya buat sebelumnya.

Sebelumnya jika sobat lebih suka dengan tutorial berupa video, sobat bisa mengunjungi chanel saya klik disini. Disana sudah tersedia proses pembuatan digital paint satu ini secara utuh mulai dari 0 sampai selesai.

Tutorial medibang paint android - Glow in the dark

Link download gambar hd glow in the dark: https://uryliu.blogspot.com

Disini saya akan membahas detail pentingnya saja, jika sobat ingin mengetahui prosesnya secara utuh. Silahkan kunjungi https://youtu.be/Avp3kPOLdVM.

Cara mengedit foto dengan style glow in the dark
Berikut ini merupakan langkah langkah menurut saya sendiri yang sangat penting saat membuat/mengedit gambar glow in the dark diatas.

1. Basic color
2. Coloring shadow
3. Light
4. Evaluation

Point point diatas menurut saya sudah mencakup kesuluruhan apa yang telah saya buat sebelumnya.

Biasanya saya meletakan layer warna dasar paling bawah (background,warna kulit, baju), kemudian diatasnya diikuti layer shadow,light dsb (jumlah layer secukupnya). Dalam video ini kebetulan saya hanya membuat 1 layer shadow skin.

Ketika membuat shadow pada layer yang sama dengan layer warna dasar centang fitur protect alpha. Jika layer terpisah gunakan/centang fitur cliping agar lebih memudahkan dalam proses membuat shadow. 

Saran saya sih buat layer secukupnya. Agar  menghindari terlalu banyak layer yang bisa membingungkan ketika mengedit.

Kecuali kalo sobat memberi masing masing nama/ grup/ menggabungkan dengan layer dibawahnya bisa menghiraukan saran tersebut.

1. Menentukan warna dasar

Sebenarnya yang pertama bisa saja line art tapi karena dalam video ini saya langsung membuat warna dasar, jadi saya melewatkannya.

Tanpa line art bagaimana saya mengedit gambar digital paint dengan foto aslinya agar terlihat semirip mungkin? Disini saya hanya memainkan opacity dari layer foto asli seperti dalam video tersebut. 

Tutorial medibang paint - skin



Dalam penentuan warna dasar glow in the dark, saya sendiri memilih warna yang cenderung gelap. Agar nantinya bisa terlihat lebih jelas gelap terangnya cahaya.

Disini saya menggunakan brush pen biasa.

2. Membuat effect bayangan

Point ini sangatlah menentukan kerealistisan gambar sobat, point ini juga merupakan point yang menurut saya paling sulit dan saya benci. Pada video ini saya berulang ulang menyesuaikan bayangan. Dan hasilnya karena saya juga masih belajar ya gitu deh gk dapet realistisnya wkwk.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya saya hanya membuat satu layer bayangan pada kulit. Letakan 1 atau lebih layer bayangan kulit diatas warna dasar kulit dan centang "cliping". 

Berikut adalah perbedaan layer yang mencetang fitur cliping dan juga tidak.

Tutorial medibang paint-shadow



Tapi jika sobat sudah ingin menggunakan 1 layer dengan warna dasar, centang protect alpha agar memudahkan dalam membuat bayangan.

Disini kebanyakan saya hanya menggunakn brush yg bernama airbush, klo yang detail kaya garis di bibir, pinggiran mata bisa pake watercolor atau pen. Agar tidak jauh beebeda warna bayangan saya biasanya menggunakan brush watercolor

3. Membuat efek cahaya

Menentukan cahaya tidaklah jauh berbeda dengan proses membuat shadow. 

Disini saya masih menggunakan airbrush. Membuat efek cahaya lebih bagus jika sobat bisa menggunakan effect effect blending.

Untuk blending saya hanya menggunakan 'add', tepatnya warna biru sekitar area mata,dan area pipi dan hidung. Jika sobat lebih tau sobat bisa menambah layer blending lain.


Tutorial medibang paint-light



Saya sendiri membuat layer blending 'add' sekitar hidung dan pipi hanya menduplikat layer skin+shadow normal dan digabungkan kemudian menghapusnya (eraser soft) sebagian sampai tersisa area hidung dan pipi.

Jika dirasa kurang saya menambah 2 lapisan layer 'add' dengan menduplikat layer yang di area pipi hidung tadi.

Jika kalian jeli melihat dalam video tersebut cahaya mata menggunakan blending dodge di awalan, di tahap akhir' finishing' saya merapihkan cahaya tersebut dan menyesuaikannya kembali menjadi blending 'add'. Sayangnya dalam video tersebut ada sedikit kendala sehingga tidak terekam, sehingga saya menuliskannya disini.

4. Evaluasi

Disini saya mulai mengkoreksi, merapihkan pinggiran,Menambahkan apa yang kurang seperti cahaya dsb. Juga merapihkan warna pinggir bayangan dan warna dasar agar warna tidak terlalu berjauhan.

Tahap ini tidak terpaku untuk tahap akhir saja. Misalnya ketika saya menggambar shadow dan langsung merapihkan apa yang dirasa kurang.

Berikut adalah layer yang saya buat untuk merapihkan gambar yang diedit.

Tutorial medibang paint- gambar hd



Sebenarnya 1 layer juga sudah cukup, tapi karna ini tahap akhir dan mungkin juga terburu buru karena durasi video sudah panjang, jadi saya buat banyak layer.
Tutorial medibang-cahaya

Agar lebih jelas silahkan tonton video proses pembuatannya di chanel youtube saya atau klik disini

Itu saja yang bisa saya rangkum pada pembahasan artikel kali ini, jika sobat punya kritik san juga saran silahkan tinggalkan dikolom komentar dibawah. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, see ya ;).

No comments:

Post a Comment