Tuesday, November 13, 2018

CMYK dan RGB

Warna memang sangat indah,dengan adanya warna kita dapat memberikan kesan visual terhadap gambar ataupun karya yang kita buat, Begitupun pada  desain grafis. Untuk membuat desain yang menarik maka kita harus memberikan warna yang terlihat indah dan tidak asal-asalan. Di dunia desain warna terbagi menjadi dua macam yaitu CMYK dan RGB. Bagi sebagian orang mungkin warna sama saja,tetapi bagi seorang designer kita diharuskan untuk bisa membedakan warna. Terkadang warna yang sudah didesain pada layar monitor akan berbeda dengan warna ketika sudah dicetak. Perbedaan itu karena warna yang digunakan dalam percetakan dan warna yang keluar dari monitor berbeda. Warna yang keluar dari monitor yaitu RGB,sedangkan warna yang digunakan dalam percetakan yaitu CMYK.


berikut unsur warna dalam dunia desain grafis.

CMYK
CMYK adalah sebuah sebuah warna untuk menggabungkan pigmen primer. CMYK sering disebut juga warna proses atau 4 warna,warna warna utamanya yaitu C untuk Cyan (aqua),M untuk Magenta (merah muda),Y untuk Yellow dan K untuk blacK. Warna hitam bisa didapat ketika kita mengkobinasikan warna Cyan Magenta Yellow dalam jumlah yang sama. CMYK umum digunakan sebagai warna percetakan.

Cyan


Magenta


RGB
RGB adalah model warna pencahayaan,karena ketika semua warna utamanya dikombinasikan dalam takaran yang sama dan besar,maka akan menghasilkan warna putih(warna pencahayaan). Warna warna utamanya dari RGB yaitu R untuk Red,G untuk Green dan B untuk Blue. Warna ini biasanya dipakai terutama untuk output devices display komputer juga output devices seperti scanner.

Jadi, kesimpulannya bahwa RGB dengan CMYK bisa dibedakan melalui segi penggunaan maupun jenis-jenisnya. Dari segi penggunaan RGB yaitu warna berbentuk digital yang ditujukan dari layar monitor,sedangkan CMYK sebaliknya yaitu warna yang umum digunakan dalam dunia pencetakan.

8 comments:

  1. Ohh jadi itu toh. Makasi infonya gan

    ReplyDelete
  2. thanks gan tutorialnya... bermanfaat sekali buat ane yg pemula sekali di dunia disain :)
    AmaterasuBlog

    ReplyDelete
  3. Kalau rgb dicetak, berubah dia warnanya. Jadi nggak pas gitu

    ReplyDelete
  4. Warna memang sangat penting ya gan bagi para desainer ... bahkan desain mereka akan terasa aneh jika tidak ada warna.

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat gan.. Saya harus banyak belajar nihh..

    ReplyDelete
  6. hal yang terpenting bagi dunia desain..
    tanpa warna seperti ruang hampa..
    ulasan yang sangat bermanfaat sekali
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Web design contohnya, penggunaan warna sangat mempengaruhi UI/UX

      Delete