Friday, November 27, 2020

Cara edit warna rambut di android

Setiap orang memang punya seleranya masing masing, ada yang senang rambutnya diwarnai ada juga yang nggak. 

Alasannya beragam seperti ada yang mewarnai karena suka pada warna tertentu, ingin terlihat kece dan lain sebagainya.

Kebetulan saya sendiri belum pernah mewarnai rambut saya, sebab ya takut dimarahi ortu :v. Namun kali ini berbeda, saya mencoba mewarnai rambut saya tanpa takut dimarahi ortu. 

Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengedit foto.  Kita dapat mewarnai rambut sesuka hati, dengan begitu kita bisa eksis membagikan foto yang sebenarnya bohongan :v tanpa ikut terbawa kedunia nyata.

Style warna rambut

Teknik edit ini juga bisa digunakan sebagai simulasi mengetes sebelum mengubah penampilan di dunia nyata. 

Perlu diketahui warna yang terlihat pada layar monitor mungkin tetap tidak akan semirip di dunia nyata nya. 

Karena layar yang terlihat pada android sobat berjenis RGB sedangkan warna yang akan digunakan pada rambut berjenis CMYK. Biasanya jenis warna CMYK di dunia percetakan digital lebih gelap dari jenis warna RGB di monitor.

Sekarang ini sudah banyak cara untuk mengedit, kita dapat menemukan berbagai macam aplikasi untuk keperluan desain grafis di komputer maupun di android.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan langkah mengedit warna rambut lewat android, saya menggunakan aplikasi bernama Medibang Paint. Aplikasi ini bisa sobat instal di Play store, ataupun jika sobat ingin menggunakan aplikasi serupa juga bisa. Contohnya autodesk, sketchbook dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak juga aplikasi edit warna rambut otomatis dengan effect. Tetapi karena saya sudah terbiasa dengan aplikasi medibang paint jadi saya membuatnya secara manual dengan brush. Mungkin kedepannya saya akan mencoba menggunakan aplikasi lain.

Berikut merupakan proses editing warna rambut di android menggunakan medibang paint.

Masukan foto yang akan diedit, kemudian gunakan airbrush, pilih warna sesuai keinginan sobat dan atur opacitynya. Saran saya pilih warna di sekitar area tengah saja. Berikut langkahnya.



Pada lapisan kedua, pilih warna yang sedikit lebih terang agar terlihat seperti effect cahaya. Agar effect cahaya lebih didapat, sobat bisa memainkan blending layer. Di akhir saya akan menunjukannya

Gunakan brush watercolor (dengan settingan centang pen presure size) atur size, opacity dan naikan correction.
Pada lapisan ketiga sobat bisa memilih warna lain yang sobat mau, disini saya memilih warna putih.
Jika ingin menambahkan warna lagi, sobat bisa menambah layer seperti langkah sebelumnya dan begitu seterusnya.
Jika dirasa warna terlalu nempel, sobat bisa mengurangi opacity setiap layer
Ini adalah layer yang diabuat. Layer 5 sebenarnya hanya merapihkan saja, jadi abaikan saja itu. Disini saya mengatur blending layer ke 3 menjadi dodge
Layer ke 4 saya atur ke blending add. Dibawah ini merupakan hasil akhirnya

Sampai disini sobat sudah bisa mengubah warna rambut dengan apk medibang paint, silahkan praktekan ;). Mungkin pada artikel selanjutnya saya juga akan mencobanya diaplikasi yang lain seperti mengubah warna rambut di picsay pro, autodesk dan sebagainya.

Jika sobat punya pertanyaan atau kritik dan juga saran sobat bisa tinggalkan dikolom komentar ya. Kurang lebihnya admin minta maaf, sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment