Tuesday, November 13, 2018

Pengertian scanner dan macam macamnya

Pengertian scanner

Scanner dalam bahasa indonesia berarti pemindai. Seperti namanya Scanner adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memindai objek ataupun sejenisnya yang kemudian akan diproses dan disalin menjadi softcopy ataupun sebaliknya.

Fungsi dari scanner sangatlah banyak. Scanner bisa digunakan untuk menyimpan dokumen atau gambar dalam bentuk digital, selain itu kita juga mengolah/mengeditnya lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dizaman globalisasi ini pasti sudah banyak orang sudah mengetahui scanner, karena scanner dibutuhkan bagi banyak orang dan sering digunakan dibeberapa tempat contohnya saat ke minimarket yang pelayanannya sudah menggunakan barcode,atau membuat tugas makalah.

Mungkin sebagian juga hanya pernah mendengar atau menggunakannya tetapi tidak mengetahui apa yang digunakan tersebut?atau kalian berada didaerah yang belum terjamak teknologi sehingga tidak tahu apa itu scanner. 

Nah,bagi kalian yang tidak mengetahui apa itu secanner, saya akan membahas beberapa scanner beserta penjelasaannya.

Scanner berdasarkan pemakainnya

Macam macam scaner beserta penjelasannya

Scanner tidak selalu diatas meja saja. Tetapi ada sebagian scanner yang digunakan dengan cara khusus. Dari situ Scanner dibagi menjadi 2 macam berdasarkan segi pemakainnya, Yaitu scanner berdasarkan penempatannya dan scanner berdasarkan objek yang dipindainya. 

Berikut beberapa macam scanner berdasarkan kategori pemakainnya.


1. scanner berdasarkan penempatannya:


Barcode scanner
Yang pertama ini mungkin dari kalian sering melihatnya, barcode scanner ini digunakan untuk membaca code sperti dalam kemasan makanan untuk mengetahui harga barang tersebut,jika kalian blum pernah melihatnya kalian bisa melihat diindomrt atau alfamrt tentunya dengan membeli barang terlebih dahulu,hhe.
Image sacnner
Yang kedua ada image scanner dari namanya saja mungkin sudah terlintas kegunaan dari scanner tersebut. Image(gambar) yang digunakan untuk memindahkan gambar.
Optical Character Reader
Scanner ini digunakan untuk mengambil teks(kertas) dari sebuah objek atau kertas yang akan discan.
Heuristik Scanner
Digunakan untuk membaca kode berdasarkan aturan tertentu.
Printer Scanner
Scanner ini mempunyai fungsi ganda, kebanyakan scanner lain hanya memiliki fungsi untuk menyimpan data,tetapi scanner ini bisa juga digunakan untuk mencetak.


2. Scanner berdasarkan objek yang dipindai:


Flatbed scanner
Flatbed menggunakan teknologi charge coupled devices sebagai mata yang dapat melakukan pemindaian dokumen didalamnya
Hand-Held scanner
Yaitu scanner yang digunakan dengan menggunakan tangan dalam memindai objek.

No comments:

Post a Comment