Monday, November 12, 2018

Prinsip-prinsip dalam desain grafis

Pengertian

Desain grafis yaitu teknik atau hasil dari pemikiran khusus seseorang yang menggabungkan sebuah elemen visual seperti huruf, gambar, angka, grafik, foto, garis dan sebagainya yang dibuat agar menghasilkan sesuatu yang bernilai sebagai proses komunikasi.

Prinsip Desain grafis merupakan sebuah dasar dalam dalam proses pembuatan desain grafis, agar desain yang kita hasilkan nanti dapat memberikan makna dan hasil yang bagus bagi orang lain yang melihatnya. Sebelum sobat mendesain alangkah baiknya sobat memahami terlebih dahulu prinsip prinsip yang ada dalam desain grafis. Hal ini dilakukan agar hasil yang telah sobat buat bisa memberikan komunikasi yang maksimal.

Orang yang melakukan desain disebut Designer.
Desain grafis biasanya digunakan dalam mendesain sebuah objek untuk menarik perhatian setiap orang,seperti kartu nama,poster,banner,kemasan, kalender dan lain-lain. Dalam perkembangannya desain grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object visual.

Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan untuk mempermudah designer dalam mendesain sebuah object, dan dapat memaksimalkan proses komunikasinya.

Prinsip-prinsip Desain grafis


7 prinsip Desain Grafis

  • Proporsi merupakan perbandingan ukuran yang digunakan untuk menentukan perbandingan yang tepat antara panjang dan lebar antara gambar dengan bidang gambar. Misalnya jika kita ingin membuat gambar persegi dalam bidang gambar,maka panjang setiap sisi persegi harus memiliki nilai yang sama.
  • Irama adalah pola yang berulang yang dibuat oleh unsur yang berbeda. Misalnya gambar dari pola yang berulang dari pelangi dengan unsur warna yang berbeda
  • Kesimbangan merupakan ukuran dari kegelapan atau rendahnya suatau warna dan ketebalan baris. Misalnya desain object yang dibuat tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang(seimbang).
  • Kesatuan dalam objek baik garis atau warna harus memiliki keterikatan satu sama lain. Misalnya satu garis berwarna hijau muda dan satu garis berwarna hijau sedikit gelap.
  • Kontras tekhnik ini digunakan untuk menghindari elemen desain grafis dalam satu bidang yang terlihat serupa agar memiliki perberbedaan.
  • Harmoni berfungsi agar gambar yang dihasilkan tidak terlalu ramai (berlebih)
  • Penekanan digunakan agar mendapat perhatian pertama atau terfokuskan. Misalnya suatu kemasan air mineral mempunyai desain atau elemen huruf di samping kemasannya,maka prinsip ini digunakan agar orang bisa melihat atau terfokus pada huruf tersebut.

No comments:

Post a Comment