Tuesday, November 13, 2018

Unsur unsur tata letak dalam desain grafis

Dalam mendesain sebuah objek kita diharuskan untuk menata objek dan menarik perhatian orang lain. Untuk menata sebuah objek dengan baiik kita harus memerhatikan unsur unsur tata letak tersebut. Unsur tata letak yaitu suatu unsur yang saling melengkapi juga berhubungan satu sama lain yang ditata dan diletakan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna. Berikut ada beberapa unsur tata letak.


Garis
Yang petama ada garis,garis merupakan sebuah titik yang panjang dan saling menyatu. Fungsi dari garis diantaranya sebagai tepi bidang,juga bisa untuk memberikan kesan pada visual desain.
Ilustrasi
Ilustrasi bertujuan untuk meperjelas suatu maksud dalam bentuk visual.
Tipografi
Fungs dari tipografi yaitu untuk membuat teks menjadi lebih menarik dan indah dilihat. Tipografi juga diharuskan untuk membuat pembaca bisa mudah membaca teks (redhability) dan kemudahan untuk mengenali setiap huruf (legibility).
Redability dipengaruhi oleh jenis huruf,warna objek dengan background,spasi perataan,juga ukuran.
Legibility dipengaruhi oleh kerumitan desain huruf,legibility juga dipengaruhi oleh warna.
Warna
Warna merupakan unsur yang paling penting dalam desain grafis,penggunaan warna yang tapat akan memperindah suatu desain sehingga menarik orang yang melihatnya.
Gelap terang
Gelap terang mempunyai fungsi untuk beberapa hal,seperti menampilkan kesan kedalaman,membuat efek benda 3dimensi dan memperjelas kontras.
Ruang
Space adalah jarak atau ruaang antara objek dengan elemen lainnya seperti text dan juga background. Penggunaan space yang tepat akan memberikan kesan menarik dan juga profesinal bagi mata yang melihat.

Itu saja pembahasan pada artikel kali ini. Bagi sobat yang sedang belajar mendesain terus semangat semoga bisa menjadi designer profesional. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang Prinsip prinsip tata letak dalam desain grafis. Sampai jumpa ;-)

No comments:

Post a Comment