Wednesday, February 6, 2019

Tutorial dasar medibang paint membuat vector #4

Tutorial vector Medibang Paint bagi pemula - #4 mengambar warna dasar badan

Hello guys,dipostingan kali ini saya akan melanjutkan tutorial yang sebelumnya sudah saya upload yaitu tentang cara pembuatan gambar menjadi tokoh kartun atau biasa disebut vector. Bagi yang belum mengerti cara membuat sampai shading rambut silakan anda bisa baca postingan seblumnya #1-#3 tentang cara membuat rambut vector.... oke sekaranh saya akan coba membuat atau mewarnai badan,tutorial kali ini saya sajikan secara detail sehingga menghasilkan banyak gambar jadi silahkan simak dengan sabar y :) dijamin langsung paham

#4

Menggambar baju

Seperti biasa sesudah membuat rambut kita tambah dulu layer yang berbeda dengan rambut. Ditutorial sebelumnya sudah saya jelaskan cara menambahkan layer yang berbeda, bagi yang belum tahu silahkan klik tumpukan kertas dibawah menu ke2 dari pojok kanan bawah. Selanjutnya klik menu penggaris seperti gambar dibawah.
Silahkan anda gambar dibagian yang akan anda gambar misalnya seperti gambar dibawah saya menggambar kacamata. Cara menggunakan penggarisnya sangat mudah klik dan ikuti garis samping dari kacamata setelah itu klik set...jangan lupa ubah warna dan ukuran pen nya yh
Setelah diklik set hilangkan foto bahan atau gambar aslinya(klik tumpukan kertas centang gambar mata disamping layer gambar asli) setelah anda menghilankan gambar asli atau bahan klik opsi atau pilihan yang ada pada gambar dibawah ini,yaitu gambar wadah cat dengan tetesan air (menu ke 2 paling atas digambar bawh ini). Kemudian klik pada tengah kacamata agar kacamata otomatis terwarna dengan 1x klik. Catatan jika warna keluar yang ingin diwarnai berarti ada garis yang terbuka seperti dalam wadah cat yang bocor bawahnya :v.

Setelah itu tambah layer kembali untuk membuat cahaya yang ada dikacamata
Cara membuat cahaya kacamata, warnai warna cahaya /putih yang ada dikacamata

Setelah itu klik menu tumpukan kertas kemudian klik opacity pada gambar bawah anda bisa melihat menunya. Atur opacity hingga menurut anda pas. note : saya biasa menggunakan opacity pada 5-15%
Setelah dikurangi opacitynya akan menghasilkan gambar seperti dibawh... cahaya tidak terlalu terang seperti pada gambar asli
Kemudian klik pencil menu ke 6 pada navigasi bawah pilih pencil sharp
Tambah layer kembali
Kemudian kali ini saya akan membuat garis2 yang terlihat hitam pada muka. Sperti kumis ikuti garis hitam pada kumis,halis juga lubang pada hidung

Tambah layer kembali
Kali ini saya akan menggambar warna pada wajah. Sperti biasa setelah menambah layer gunakan penggaris dan setelah mengikuti sketsa klik set
Sesudah terlihat sketsa hilangkan gambar asli klik menu wadah seperti tadi kemudian klik pada warna yang ingin diisi.... jangan lupa atur dlu warna dasarnya yh... note : anda juga bisa mencari pallete atau warna dasr untuk disalin pada gambar anda.saya biasanya sering dapat dari grup-grup fb atau yt juga ... gambar dibawh ini sebenarnya blum memiliki warna yang terlihat pas dan saya mengganti warnanya pada screenahoots selanjutnya (silahkan menuju tutorial selanjutnya)
Setelah wajah kemudian anda bisa melanjutkan kebadan dan tangan




Sampai disini anda sudah berhasil membuat warna dasar pada badan silahkan menuju tutorial selanjutnya untuk belajar shading.

No comments:

Post a Comment