Saturday, August 8, 2020

Cara memperkecil ukuran foto di android

Siapa yang tidak tahu foto? Pasti sobat semua sudah mengetahuinya terlebih di zaman modern ini sudah menjadi biasa jika banyak orang berfoto untuk dijadikan sebagai kenang kenangan agar bisa dilihat kembali dimasa yang akan datang ataupun menjadikan foto sebagai ungkapan sebuah rasa seperti foto pemandangan dan lain sebagainya.

Tidak heran jika dizaman sekarang para ahli terus mengembangkan lensa kameranya dan bisa menciptakan kamera ber mega mega pixel.

Lalu apa itu foto?Foto merupakan suatu pengambilan moment dimana suatu waktu kita mengambil gambar dari satu kejadian dan dapat melihat kejadian itu kembali dilain waktu selagi datanya masih tersimpan.

Foto memiliki dua macam bentuknya pertama foto yang berbentuk digital (tidak dapat disentuh), dan kedua foto berupa fisik contohnya foto digital yang sudah dicetak (dapat disentuh).

foto digital ukurannya dalam bentuk program komputer, untuk menyimpan sebuah foto digital diharuskan memiliki ruang penyimpanan atau biasa disebut memory. Ukuran foto tergantung dari sebuah pixel yang dapat dihasilkan oleh sebuah kamera.

Semakin banyak susunan pixel yang bisa dihasilkan oleh suatu kamera, semakin besar juga penyimpanan memory yang harus dibutuhkan pada smartphone ataupun komputer sobat.

Meskipun disaat ini sudah banyak memory smartphone ataupun memory pc hingga bergiga giga byte dengan harga yang cukup bersahabat tetapi sebagian mungkin masih merasa kurang.

Terlebih jika foto yang telah diambil sudah terlalu banyak. Jika 1 foto saja bisa sampai memerlukan penyimpanan hingga 5mb+ bagaimana jika sobat mengambil foto sampai ratusan? Atau bahkan ribuan?

Sungguh memerlukan memory yang besar untuk menyimpan hingga ribuan foto. Jika sobat memiliki memory dengan kapasitas yang besar mungkin itu bukan masalah besar, tetapi bagaimana jika kapasitas memory sobat pas-pas an hanya diisi dengan foto?

Mungkin jika sobat menggunakan smartphone dan memory telepon yang sudah penuh itu akan menimbulkan lagg pada smartphone sobat. Maksudnya keadaan dimana smartphone sobat yang digunakan menjadi lambat.

Untuk itu sobat sebaiknya membebaskan sebagian kapasitas memory agar tidak terlalu penuh dan menimbulkan lagg. Bagaimana caranya?

Jika memory sobat penuh dengan foto foto, sobat bisa menghapus sebagian foto yang dirasa tidak diperlukan. Tetapi jika sobat sayang dengan foto fotonya dan tidak ingin dihapus, tenang masih ada jalan lain kok.

Yaitu dengan mengcompress fotonya, maksudnya yaitu mengkompres foto atau memperkecil ukuran dari foto tersebut. Contohnya jika sobat memiliki sebuah foto dengan ukuran mencapai 6mb sobat bisa memperkecil ukuran fotonya hingga dibawah 6mb, bisa saja sampai menjadi 1mb.

Disini saya akan mempraktikan dengan sebuah software compress foto pada smartphone android.

Software yang akan digunakan disini yaitu lit photo sobat bisa menginstalnya secara gratis diplaystore atau bisa juga klik Disini.

Berikut langkah memperkecil photo dengan apk lit photo:
-Pertama tama setelah menginstallnya, masuk pada aplikasi lit photo tersebut
-kemudian  karena kita akan memperkecil ukuran photo pilih "Compress photos"

 -klik satu persatu foto yang akan dikompress
-kemudian klik tanda centang di pojok kanan atas
 -atur sesuai keinginan kualitas dan ukurannya, disini saya contohkan dalam settingan default
 -jika dirasa sudah cukup, klik "start compressing"
 -tunggu prosesnya hingga selesai

Hasilnya sangat jauh bukan? Dengan begitu sobat bisa menghemat memory atau mengosongkan ruang gallery dengan lebih mudah.

Itu saja pembahasan pada artikel kali ini, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Jangan lupa berikan krisar pada kolom komentar dibawah agar saya dapat mengetahui kendala sobat yang mengikuti panduan panduan di blog saya. Sekian dan sampai jumpa ;-)


No comments:

Post a Comment