Saturday, September 29, 2018

4 aplikasi editing terbaik di android

Dizaman serba digital ini android menjadi salah satu media yang banyak digunakan. Jika dulu orang mengkreasikan lukisan hanya lewat secarik kertas dan ukiran diatas batu, sekarang hanya dengan memakai androidpun serasa bisa melakukan apapun.

Dengan hadirnya berbagai software, memotret, mengedit, melukis, bahkan membuat animasi bisa dilakukan oleh perangkat android ini.

Dibekali software bawaan seperti Gallery dan google foto pada perangkat android. Maka tidak heran orang orang pasti punya gambar/foto di androidnya masing masing. 

Tapi dibalik itu semua munculah masalah baru, mulai dari kurang puasnya jepretan gambar, adanya kebutuhan lain seperti menghapus background, juga ingin menciptakan sesuatu yang baru seperti melukis, namun bingung memilih software yang akan digunakan.

Untuk itu dibawah ini saya akan mengulas beberapa software editing dan illustration yang menurut saya bagus juga mudah untuk digunakan. Berikut adalah daftarnya

Aplikasi pilihan editor yang populer


1. Lightroom

Diurutan pertama ada aplikasi edit foto yang bernama lightroom. Bagi yang suka bermain effect aplikasi ini sangat cocok untuk sobat. Disini kita bebas mengkreasikan berbagai warna, pencahayaan, shadow dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Penggunaannya pun cukup mudah, hanya saja bahasa yang digunakan masih berbahasa inggris. 

Komposisi effect menentukan hasil editan sobat. Namun jika sobat bingung dan ingin meniru effect orang lain, sobat dapat mencari referensi di internet. Banyak orang yang sudah menciptakan rumus lightroom dan dibagikan secara gratis ataupun berbayar.

Perlu diingat bahwa Setiap foto terkadang berbeda bumbunya, bisa saja foto anda tidak cocok menggunakan rumus orang lain. Yups itu semua tergantung sesuai selera masing masing.

Jika sobat sudah handal sobat juga bisa membuka jasa mengedit di lightroom. Apakah akan laku? Jawabannya iya, semakin bagus karya sobat dimata orang maka semakin besar peluang untuk sobat.

Sebagai informasi tambahan jika terjadi kegagalan saat mengeskpor/import foto ke lightroom, cobalah  sediakan terlebih dahulu ruang kosong sebesar 200mb jika memori sobat penuh.

Berdasarkan pengalaman mimin, karena mimin user photato phone proses export atau import tidak akan berhasil jika ruang kosong kurang dari 200mb.

Three tone effect lightroom

2. Remini

Remini merupakan sebuah aplikasi edit foto, hanya saja aplikasi ini dikhususkan untuk foto yang terdapat wajah manusia. Fungsi dari aplikasi ini yaitu meningkatkan kualitas gambar di area sekitar wajah yang diedit.

Jika jepretan kamera sobat kurang memuaskan atau foto selfi sobat ngeblur, cobalah menggunakan aplikasi satu ini. Penggunaanya sangat mudah, klik fitur yang tersedia lalu biarkan sistem menyelesaikan pekerjaan anda.

Namun kekurangan dari apk ini yaitu sobat diharuskan untuk online dan terkadang jika foto terlalu ngeblur maka kualitas yang dipertajam menghasilkan wajah yang jauh berbeda dengan aslinya.

3. Picsay pro

Ketiga picsay pro, aplikasi edit foto satu ini tidak kalah bagus dengan aplikasi lainnya. Fitur fitur yang disediakan juga lengkap, sobat bisa menambahkan effect, menambah sticker, menghapus background dan masih banyak lagi.

4. Medibang paint

Jika sobat ingin menjadi illustrator aplikasi satu ini cocok untuk sobat. Medibang paint adalah aplikasi berbasis bitmap, layaknya seperti kertas dan pensil warna, sobat bebas melukis disini.

Sobat juga bisa menambahkan foto dari gallery, bisa untuk menghapus background ataupun tracing menggambar ulang kebentuk kartun. 

Hanya saja bagi yang pertama kali menggambar digital, penggunaanya agak sulit. Namun, jika sobat sudah paham dengan fitur fitur yang ada, sobat bisa menggambar dengan lebih handal.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat vexel, realism, smudge, kartun dan masih banyak lagi.

Vexel/bitmap/raster Medibang paint

Sampai disini dulu pembahasan saya tentang aplikasi-aplikasi editing, semua aplikasi yang saya sebutkan tersedia diplaystore. 

Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran bisa berkomentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment